Just another WordPress site
Call Us Free: 1-800-123-4567

CS 1

Call / WhatsApp

0822-9868-1272

CS 2

Call / WhatsApp

0813-1888-6828

CS 3

Call / WhatsApp

0878-8850-0079

Kuliner Bandung

Kuliner Bandung

Kota bandung merupakan Ibu kota dari provinsi Jawa Barat. Kota Bandung juga merupakan kota metropolitan terbesar di Jawa Barat. Pertumbuhan ekonomi dan penduduk di kota Bandung berkembang begitu pesat, salah satu penyebabnya adalah kota Bandung mulai dilirik oleh para pengusaha, selain itu juga letak geografisnya yang terletak di dataran tinggi membuat kota Bandung ramai di kunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun wancanegara.

Orang-orang juga mulai berpindah usaha ke Bandung karena melihat Bandung merupakan salah satu kota yang potensial untuk mengembangkan bisnis dari para pengusaha. Salah satu penyebab banyak orang yang melirik kota Bandung sebagai kota yang berpotensi adalah karena banyaknya kampus-kampus Bandung yang mulai berprestasi di dunia internasional. Sebut saja ITB yang masuk ke dalam tiga besar kampus terbaik di Indonesia. Banyaknya mahasiswa yang datang dari seluruh daerah di Indonesia ke Bandung membuat Bandung menjadi salah satu lahan bisnis yang subur.

Salah satu bisnis yang mulai melirik kota Bandung sebagai kota yang berpotensi untuk mengembangkan bisnis mereka adalah Prestisa. Prestisa sendiri merupakan toko bunga berbasis online yang melayani pemesanan berbagai jenis bunga untuk berbagai jenis event, seperti bunga papan untuk pernikahan, bunga papan untuk syukuran,  bunga papan duka cita, selain itu juga kami menyediakan flowerbox. Flowerbox sendiri merupakan sekumpulan bunga yang indah yang diletakan dalam sebuah kotak yang dihias sesuai dengan keinginan dari konsumen.

Keuntungan dari pemesanan menggunakan jasa layanan dari Prestisa sendiri adalah anda tidak perlu untuk keluar rumah untuk bisa memesan bunga, cukup dengan menggunakan smartphone atau komputer anda untuk memesan bunga, atau bisa juga dengan hanya menelpon ke customer service kami anda sudah bisa memesan bunga.

Kantor kami sendiri berlokasi di Bekasi Barat, namun jangan khawatir, untuk anda yang berada di daerah Bandung atau ingin mengirimkan bunga ke Bandung, kami tetap mengantarkan bunga anda ke tempat tujuan yang anda inginkan, hal itu disebabkan karena kami sudah bekerja sama dengan florist hampir di seluruh daerah di Indonesia.

Proses pembuatan pesanan anda sendiri diselesaikan dengan perkiraan waktu 4-5 jam, dan pesanan akan langsung dikirimkan sesuai dengan tujuan yang anda inginkan, jadi kami pastikan bunga yang anda pesan akan segar karena proses pengerjaan yang simultan.

Kembali ke topik, bandung sendiri terkenal dengan berbagai macam wisata kulinernya. Ada berbagai macam jenis kuliner tersohor yang kita kenal berasal dari Bandung. Sebut saja dari mulai batagor, surabi, peuyeum, dan masih banyak lagi. Kali ini kami akan membahas kuliner-kuliner terkenal yang berasal dari bandung,

  1. Batagor

Tahukah kamu bahwa batagor merupakan singkatan? Ya, batagor merupakan singkatan dari bakso tahu goreng. Jajanan khas Bandung yang satu ini mengadopsi gaya dari Cina. Batagor sendiri Tahu yang di hancurkan bersamaan dengan ikan tenggiri dan tepung tapioca, dan kemudian digoreng dengan bentuk bola dengan minyak panas sampai matang. Batagor juga kerap menggunakan somay yang digoreng yang kemudian disajikan dengan bumbu kacang, kecap manis, sambal, dan perasan air jeruk sebagai pelengkap.

 

  1. Serabi

Serabi juga merupakan salah satu jajanan yang masih eksis hingga saat ini. Serabi dikategorikan sebagai jajanan pasar tradisional. Meskipun di kategorikan sebagai jajanan pasar yang tradisional, banyak orang yang menyajikan serabi dengan gaya kekinian seperti menambahkan toping beraneka ragam.

 

  1. Cendol

Cendol merupakan minuman khas Sunda yang dahulunya terbuat dari tepung hunkwe, namun kini cendol terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasa minuman ini manis dan gurih.

Cendol sendiri terbuat dari tepung beras diolah dengan diberi pewarna hijau dan dicetak melalui saringan khusus, sehingga berbentuk buliran. Pewarna yang digunakan awalnya adalah pewarna alami dari daun pandan, namun saat ini telah digunakan pewarna makanan buatan. Di Sunda, cendol dibuat dengan cara mengayak kukusan tepung beras yang diwarnai dengan daun suji dengan ayakan sehingga diperoleh bentuk bulat lonjong yang lancip di ujungnya. Di Sunda, minum cendol disebut ‘nyendol’.

Minuman ini biasanya disajikan sebagai pencuci mulut atau sebagai makanan selingan. Sesuai disajikan disiang hari.

 

  1. Colenak

Colenak adalah nama yang diberikan pada kudapan yang dibuat dari peuyeum (tapai singkong) yang dibakar yang disantap dengan dicocolkan pada gula jawa cair yang dicampur dengan serutan kelapa. Kudapan ini berasal dari Bandung yang dikenalkan oleh Aki Murdi pada tahun 1930. Penamaan makanan ini merupakan lakuran dari kata dalam bahasa Sunda, dicocol enak. Dalam teknik memasaknya kandungan gula dalam tapai membuat tapai tersebut mudah gosong – meskipun demikian bagi beberapa orang, ini merupakan bagian yang terenak.

Makanan ini merupakan makanan khas Bandung, salah satu tempat yang menjualnya adalah Colenak Murdi Putra di Jalan Ahmad Yani, Bandung. Lokasi yang diwariskan selama tiga generasi dari pencipta awal Aki Murdi dan kini telah memiliki variasi yaitu colenak rasa durian dan nangka.

 

  1. Cireng

Cireng (singkatan dari aci goreng, bahasa Sunda untuk ‘tepung kanji goreng’) adalah makanan ringan yang berasal dari daerah Sunda yang dibuat dengan cara menggoreng campuran adonan yang berbahan utama tepung kanji atau tapioka. Makanan ringan ini sangat populer di daerah Priangan, dan dijual dalam berbagai bentuk dan variasi rasa. Makanan ini cukup terkenal pada era 80-an. Bahan makanan ini antara lain terdiri dari tepung kanji, tepung terigu, air, merica bubuk, garam, bawang putih, kedelai, daun bawang dan minyak goreng.

Seiring dengan perkembangan zaman, cireng telah terinovasi hingga variasi rasa yang ada mencakup daging ayam, sapi, sosis, baso, hingga keju dan ayam teriyaki. Bahkan inovasi tidak hanya secara rasa namun bentuk, contohnya adalah cimol. Sekarang Cireng tidak hanya terdapat di Priangan saja, tetapi sudah menyebar ke hampir seluruh penjuru Nusantara. Cireng yang dulu pada umumnya dijual oleh pedagang yang menaiki sepeda dengan peralatan membuat Cireng di bagian belakang sepedanya, bahkan telah tersedia online cireng.

 

  1. Bandrek

Bandrék adalah minuman tradisional yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia. Minuman ini biasa dikonsumsi untuk menghangatkan tubuh karena suhu kota bandung yang begitu dingin, membuat minuman ini begitu populer di Bandung. Bahan dasar dari bandrék adalah jahe dan gula merah, tetapi pada daerah tertentu biasanya menambahkan rempah-rempah tersendiri untuk memperkuat efek hangat yang diberikan bandrék, seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung, dan sebagainya. Susu juga dapat ditambahkan tergantung dari selera penyajian. Banyak orang Indonesia percaya bahwa bandrék dapat menyembuhkan berbagai penyakit ringan seperti sakit tenggorokan, batuk, dan lain sebagainya. Di Bandung, biasanya penjual menambahkan sejumput kerukan kelapa untuk menambah cita rasa dari Bandrek tersebut. Bandrek biasa dikonsumsi bersama kacang rebus, ubi jalar rebus, dan juga gorengan.

Demikian kuliner-kuliner dari bandung yang begitu terkenal di daerah lain. Pesatnya perkembangan teknologi bisa menjadi salah satu penyebab terkenalnya kuliner-kuliner dari kota Bandung tersebut. Untuk anda yang ingin berjalan-jalan ke kota bandung jangan lupa untuk berbelanja kuliner-kuliner tersebut langsung dari kota asalnya.